Kamis, 01 Juli 2010

5 Tips Membuat Halaman Blog Yang Menarik

Image and video hosting by TinyPic

Tampilan halaman awal (index) dari blog seringkali adalah kontak pertama antara visitor dengan blog. Halaman pertama dari blog yang baik dan cantik membantu membuat visitor menjadi kerasan dan kita sebagai owner blog berharapan baik bila visitor kita menjadi pelanggan tetap, terutama bagi visitor yang baru pertama kali berkunjung.

Agar dapat meraih hal itu, satu pertanyaan kunci disini, “Apakah kamu tahu apa yang visitor inginkan (atau yang tidak diinginkan) saat mereka melihat halaman pertama dari blog kamu?” Pegang pertanyaan tersebut dan mulai kita jawab step-by-step.

1. Pemilihan themes yang tepat.

Themes yang baik akan membuat visitor merasa nyaman untuk berlama-lama berada di blog mu. Untuk menumbuhkan perasaan nyaman itu, kamu bisa ciptakan dengan menggunakan themes yang sesuai dengan tema blog mu. Saat ini, banyak themes gratis yang dapat kamu download dan kamu pakai di blog mu. Atau bahkan bisa kamu bisa buat sendiri sesuai selera. Selain itu, pemilihan themes yang tepat dapat menumbuhkan rasa kepercayaan dari visitor. Karena visitor tidak dapat melihat kamu, mereka mungkin tidak akan pernah bertemu kamu langsung secara pribadi, atau bahkan berbicara dengan kamu melalui telepon. Jadi themes yang sesuai dapat mewakili identitas mu.

2. Tagline yang singkat dan jelas.

Beberapa blog menggunakan banyak ruang yang di halaman pertama blog mereka dengan “ucapan selamat datang” dengan text betjalan atau yang dibuat dengan pop-up, bahkan ada pula yang menggunakan popup berkali-kali. Atau “pernyataan tentang visi & misi” yang demikian panjang, sehingga membuat para pengunjung mengantuk bahkan sebelum halaman selesai loading. Namun pernyataan tentang visi & misi bertujuan untuk menjelaskan maksud tujuan blog kamu, serta rangkuman content blog mu secara keseluruhan. Dan hal ini dapat disiasati dengan mengubah visi & misi menjadi sebuah pernyataan singkat (tagline) yang mengandung beberapa keyword penting. Yaitu buatlah satu baris kalimat singkat dan letakkan di tempat yang mudah terlihat pada halaman pertama blog kamu. Misalnya pada “Header”. Contoh, di blog dhenk[dot]com ini, aku memilih menggunakan kalimat “web master = web design + web programing”. Aku bertujuan merangkum isi blog secara keseluruhan dengan menggunakan kalimat tersebut, yaitu menjelaskan bahwa blog dhenk[dot]com berisi tentang tulisan cara mendisain blog dan cara menggunakan script pada blog. So, apa yang muncul dibenak mu saat pertama kali kamu baca kalimat itu…? Apa sama dengan yang aku maksudkan…?

3. Meletakan menu navigasi page / category.

Menu navigasi yang mudah dilihat sangat penting karena visitors benci jika harus tersesat di situs. Visitors yang frustrasi akan pergi dan tidak akan pernah kembali lagi. Lakukan langkah-langkah berikut ini untuk memastikan bahwa hal ini tidak terjadi pada blog kamu :

Navigasi yang Mudah Diakses
Menu navigasi dengan hanya menggunakan text standard lebih baik bila dibanding dengan navigasi menggunakan flash atau images, bahkan text yang menggunakan javascript sekalipun dapat menjadi kendala ketika visitor mengakses blog kita dari gadget seperti PDA, Handphone atau browser-browser non-grafik. Untuk itu, jika memang tidak diperlukan hindari penggunaan flash atau images untuk menu navigasi karena tidak semua visitor mengakses blog kita melaui PC.

Fungsi Pencarian
Visitor akan merasa senang jika mereka dapat menemukan apa yang mereka cari di blog kita dengan cepat. Untuk itu, gunakan fasilitas pencarian pada blog guna memudahkan visitor mencari apa yang mereka inginkan.

Sitemap
Sitemap berguna untuk memudahkan visitor melihat struktur blog kita secara keseluruhan dengan jelas. Dan dapat membantu visitor untuk menjelajah blog kamu lebih dalam lagi. Selain itu, spider-spider mesin pencari seperti google bot menyukai sitemap karena membantu mereka untuk mengindeks seluruh blog.

4. Singkat dan Sederhana

Visitor menginginkan blog yang dikunjunginya dapat segera memberikan informasi yang mereka harapkan. Untuk itu, halaman awal blog tidak perlu dijejali dengan banyaknya artikel, namun cukup penggalan artikel atau bahkan judul-judul artikel saja. Karena selain menghemat tempat, hal ini juga mempercepat proses loading blog kamu.

5. Customization and review

Image and video hosting by TinyPic Buat tampilan blog mu berbeda dan mempunyai ciri khas dari blog-blog lain yang pernah ada. Tapi pastikan halaman pertama blog kamu harus tampil sewaktu para visitor me-loadingnya. Kamu boleh menggunakan Animasi Flash yang paling keren, namun jangan berharap para visitor akan mendownload plug-in-nya hanya karena untuk melihat animasinya. Sebagian besar dari visitor hanya ingin melihat halaman situs web cepat sewaktu loading, tampak menarik, dan berisi informasi yang berguna. Hal tersebut tidaklah berat jika kamu memenuhi tiga syarat berikut ini:

Pilih warna yang tepat:
Kombinasi warna yang tepat membuat kontras dan menegaskan poin-poin penting. Hindari penggunaan warna yang mencolok. Warna-warna link standar membuat navigasi menjadi lebih mudah.

Gunakan gambar-gambar dengan bijaksana:
Pastikan apakah gambar yang ada benar-benar meningkatkan tujuan dari situs kamu. Kebanyakan para visitor ingin membaca informasi , bukan melihat gambar-gambar indah yang hanya menambah waktu download yang tidak diperlukan saja. Jika kamu terpaksa menggunakan gambar, perhatkan size dari gambar tersebut. Karena gambar yang besar hanya akan menghabiskan space host dan menambah lama waktu loading.

Perbaiki kesalahan-kesalahan:
Hati-hati dalam penggunaan kode. Kesalahan pemberian kode HTML yang sederhana pun dapat merusak halaman kamu. Validasi kode HTML kamu melalui http://validator.w3.org Ini akan memberitahu kamu jika terdapat masalah-masalah yang terjadi pada kode. Selain itu, Validasi kode CSS kamu melalui http://jigsaw.w3.org.

Yup, kamu pasti ingin mengundang para pengunjung datang ke blog kamu, tapi yang lebih penting, kamu ingin mereka tetap berada di situ dan menjadi pelanggan kamu kan…?

So, halaman depan blog kamu adalah image awal. Buatlah seinformatif mungkin dan menimbulkan rasa ingin tahu. Buatlah blog mu menarik dimata visitor dan buat visitor merasa kangen dan ingin kembali mengunjungi blog mu. Ada masukan lain boss…? share ya, coz aku juga butuh masukan nih…

3 komentar:

Encep FR Blog mengatakan...

Wah keren banget gan infonya. perlu di coba nieh. Salam kenal yah gan http://www.encepfr.blogspot.com

khazo mengatakan...

iya salam knal jg ..
jgn lupam follow blog aq yaaaaaaaaa

¨HacKerS_BuGz¨ mengatakan...

kk khazo boleh tnya .. ? kalau mau buat tittle seperti kk gimne bisa bergerak saya baru buat blog dalam 4 jam tapi massih jelek >> check my blog http://lintangbugz.blogspot.com/

Posting Komentar

KHAZO_COOL © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute