Rabu, 07 Juli 2010

AIF Wizard

Seperti yang sodara-sodara tau, icon-icon aplikasi Symbian yang terinstal di hape Nokia S60 berasal dari file dengan extensi aif (namaprogram.aif). Jadi kalo icon tersebut mau diganti, maka file aif inilah yang harus diganti.

Gue udah pernah nulis tentang cara buat icon, tapi memang selain membutuhkan pikiran yang masih sehat alias waras sodara juga butuh komputer dan program-program pendukung lainnya serta kemampuan menggunakan aplikasi pengolah gambar kayak photoshop. Ribet kan? jawabannya sih tergantung mood.

Nah si AIF Wizard ini mungkin bisa jadi solusinya. Cuman pencet sana-sini di hape, icon pun berubah.

Di dalam paket instalasinya tersedia 63 macam icon yang bisa diterapkan, ditambah lagi kita bisa comot icon dari aplikasi yang terinstal dan menjadikan icon tersebut sebagai icon aplikasi lain. Gampang kan??

Btw, nih aplikasi buatan orang vietnam bernama Anhtamdalat . Mungkin karena saking cintanya si Anhtamdalat pada negaranya, maka aplikasi ini menggunakan bahasa Vietnam. Yah mau gimana lagi dengan tanpa mengurangi rasa hormat kepada si pembuat terpaksa bahasanya di translate menjadi bhs Inggris biar lebih mudah dipahami. Tapi karena mencari kamus Vietnam-English adalah pekerjaan yang akan membuang banyak waktu maka proses translate-nya pake metode kira-kira :D .

Cara menggunakannya:
1. Di tab pertama, yaitu tab "icon" terdapat daftar dari icon-icon yang bisa digunakan. Untuk preview tekan tombol "ok" (pada QD).



2. Kalo udah ketemu icon yang pas, tekan tombol option --> Select app, selanjutnya pilih aplikasi yang iconnya akan diganti dan tekan ok.



3. Setelah itu akan muncul kotak input untuk mengisikan nama aplikasi tersebut. Walaupun di situ tertulis "max 10 characters", sebenarnya yang diizinkan hanya 9 dan tanpa spasi.

4. Close AifWizard dan lihat perubahannya. Untuk melihat perubahan nama aplikasi hape harus di restart.



Pada tab lainnya yaitu "Apps", berisi daftar aplikasi-aplikasi yang terinstal di e (MMC). Opsi yang bisa dilakukan:
- Copy Aif --> membuat salinan file aif (icon) dari aplikasi tersebut ke "E:/other/AIFAIF" sehingga icon tersebut dapat digunakan untuk aplikasi lain.
- Change App name --> Sama seperti yang tertera pada langkah ke-3 di atas.



Catatan:
Sebelum menginstal ini di hape, pastikan Python dan module pack terbaru sudah terinstal. Bagi yang belum, sedot disini.

Download AifWizard:
4shared link
Direct link

0 komentar:

Posting Komentar

KHAZO_COOL © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute