Sabtu, 31 Juli 2010

Mengganti Font Untuk Symbin V5

Trik mengganti fonts pada ponsel s60v5 untuk sebagian teman-teman mungkin sudah ada yang tau, baik itu memakai aplikasi pihak ketiga seperti flip font ataupun dengan cara manual. Nah kali ini saya ingin share bagaimana mengganti fonts pada ponsel s60v5 dengan cara manual. Karena memang walaupun sama-sama mempunyai sistem operasi symbian s60v5, namun ada sedikit perbedaan untuk cara mengganti fonts. Ini berhubung dengan perbedaan firmware yang dimiliki pada ponsel tersebut. Ada yang menggunakan 4 fonts dan ada juga yang hanya menggunakan 3 fonts saja. Nah bagaimana cara mengetahui ponsel kita menggunakan 4 fonts atau yang 3 fonts? Triknya mudah sekali, pertama buka x-plore kemudian masuk ke drive Z, pilih resource lalu pilih Fonts. Nah lihatlah berapa fonts yang digunakan pada ponsel tersebut. Untuk contoh punya saya yaitu ponsel nokia 5230 menggunakan 3 fonts dengan nama-nama sebagai berikut :
1. S60SC_C.ttf
2. S60TCHK_C.ttf
3. S60ZDIGI.ttf

Nah lalu bagaimana cara untuk mengganti fontsnya? Mudah sekali, ambil font didalam komputer yang kamu suka dengan format ttf. Lalu buat menjadi 3 copy dan rename dengan nama-nama yang ditulis diatas harus sama persis. Jika ponsel kamu menggunakan 4 fonts ganti dengan nama-nama itu. Setelah selesai, kemudian sambungkan ponsel dengan PC bisa menggunakan kabel data lalu pilih penyimpanan atau mass storage. Copy ke 3 file tersebut dan paste ke dalam folder E:/resource/Fonts/

Jika folder 'fonts' tidak ada, maka kamu harus membuatnya terlebih dahulu. Tutup dan lepaskan kabel data kemudian restart ponsel. Selesai.

Catatan : Kamu bisa mengganti fonts dengan fonts-fonts yang lain, namun hapus dulu fonts yang sebelumnya. Have fun!

Contoh screnshot :

COMIC SANS UNI





Untuk mendapatkan font bisa cari di mbah google, format font adalah .ttf

sumber:www.redaksipulsa.com/

0 komentar:

Posting Komentar

KHAZO_COOL © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute